Dinas Pariwisata Kota Jayapura Dorong Pelaku Usaha Lebih Kreatif & Inovatif Jelang PON XX Tahun 2021

0
166
Dispar saat berkordinasi dengan salah satu pemilik cafe, pantai holtekam, 26/04/2021

Kota Jayapura – Sebagai bentuk dukungan kepada mitra usaha wisata di Kota Jayapura, Pemkot Jayapura melalui Dinas Pariwisata secara intensif dan masif, terus memberikan dukungan dan masukan kepada pelaku usaha wisata dalam cafe dan resto, untuk membenahi diri jelang PON XX Tahun 2021 ini.

Hal ini seperti terlihat pada hasil survei Dinas Pariwisata disalah satu resto dan cafe yang sedang dalam tahap pembangunan dipantai Holtekam, Kota Jayapura, Senin 26/04/2021.

Kabid ekonomi kreatif Dinas Pariwisata Kota Jayapura Richard J. Nahumuri, S.IP, M.Si menilai, penting nya setiap pelaku usaha khususnya cafe dan resto menampilkan ciri khas berupa ornamen, ukiran maupun pondok bernuansa Port Numbay, selain itu pihaknya meminta agar disediakan menu makanan khas daerah yang mencerimkan kuliner asli masyarakat di 14 kampung, serta menyediakan tempat khusus untuk dijual souvenir dan cendra mata dengan melibatkan hasil karya seniman asli orang Port Numbay.

Papeda dan batik khas Port Numbay

“Intinya kami dari Dinas Pariwisata siap mendukung bahkan akan membantu mempromosikan tempat usaha tersebut, peluang ekonomi ini harus bisa dimanfaatkan secara baik menjelang PON 2021 ini, ribuan orang akan datang dan menikmati tempat wisata maupun cafe dan resto di Kota Jayapura, kami mendorong agar setiap pelaku usaha bisa kreatif melibatkan masyarakat kampung, saya contohkan, kampung enggros dan tobati terkenal dengan makanan khas kerang bia, pelaku usaha bisa menawarkan menu ini kepada wisatawan maupun pengunjung, bahan baku bisa dibeli dari masyarakat kampung, hal ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat itu sendiri,” ujar nya.

bahan baku kuliner asli masyarakat Port Numbay, kerang bia

dari sejumlah cafe dan resto disepanjang pantai Hamadi hingga Holtekam, terlihat merespon secara positif masukan dari Dinas Pariwisata Kota Jayapura dan siap melakukan yang terbaik untuk bersama-sama memajukan sektor wisata di bumi matahari terbit Port Numbay.

.Waniembey.

wisatapantaisravacava #wisataalamkotajayapura #wisataalampapua #numbaycreativecitynetwork #jaringankomunitaskreatifnumbay #genpikotajayapura #cafeportnumbay

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here