Jayapura (14/09/2020) Pemerintah Kampung Tahima Soroma Distrik Jayapura Selatan bersama Dinas Pemberdayaan Kampung dan juga Dinas Pariwisata dengan Program Pembangunan Rumah Ondoafi, Kepala Suku, Kantor Bamuskam, Care Henataje dan Homestay Niu-Sheuw.

Pada peresmian dimaksud dilaksanakan juga sebuah Tradisi :

IJI HARAGU dimana sebuah Adat Pemasangan simbol IKAN di Rumah Ondoafi Kampung Kayopulau/SIBI (SIBI,HAAY,YOUWE,SORO). Yang memasang simbol Ikan dilakukan OLEH SUKU YOUWE DI CETA (Timur) dan SUKU SORO DI CONE (Barat).
IJI HARAGU di lakukan pada waktu pagi hari jam 03.00 WIT sebelum diresmikan.
Prosesi tidak bisa disaksikan oleh khalayak umum, kecuali diizinkan oleh Pihak KEONDOAFIAN, karena perisitiwa dimaksud sangkat Sakral.

O’MROORE RJAI juga adat yang dilakukan yaitu bentuk ucapan terima kasih dari Suku SIBI kepada Suku YOUWE dengan Pemberian Cinderamata dan Hasil Kebun serta Makanan karena yang telah membangun Rumah Ondoafi Kampung Kayopulau/Sibi adalah Suku YOUWE.

Kampung Tahima Soroma/Kayopulau juga mendeklarasi serta dicanangkan oleh Walikota Jayapura sebagai KAMPUNG THEMATIK WISATA “MINA WISATA BAHARI” yang nantinya akan di programkan pada RPJMK 2021-2026.

AYO DATANG KE KAYOPULAU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here